Kamis, 28 November 2019

Misteri dibalik kitab kuning

 
Assalamualaikum we.wb.





  Taukah anda sebenarnya kitab klasik atau yang lebih kita ketahui dengan nama kitab kuning ini menyimpan banyak misteri, apakah itu ... ??
Yuk simak bersama-sama
 Kitab kuning adalah jenis kitab yang tak berharokat, tidak memiliki makna.
Terus gimana mau membacanya ???
Kitab ini banyak dikaji di pondok pesantren, atau pun di sekolah madrasah.yang di jelaskan dengan teliti serta seksama kepada semua santri.
Mengapa kitab kuning ini di anggap angker dan penuh misteri, karna saat mempelajari kitab kuning ini tidak berharokat namun bisa dibaca, tidak bermakna namun bisa di terjemahkan, dan menyimpan banyak ilmu pengetahuan.
Nah di pesantren inilah banyak santri yang mencoba menyingkap misteri di balik kitab kuning ini, dimana para santri biasanya mencoba mengkaji dari ilmu alat baik itu nahwu Sharaf dan banyak menghafal mufrodat bahasa Arab. Agar mereka bisa menerjemahkan dan memahami isi dari kitab kuning tersebut.
Jadi jangan heran jika santri mampu membaca kitab kuning tanpa harokat mengartikan tanpa terjemahan, karna santri telah mengetahui kunci dari mempelajari kitab kuning tersebut.

 Selain itu santri juga banyak mendapatkan motivasi dan nasehat dari sang kyai, salah satunya yang begitu saya ingat nasehat dari guru kami adalah " jika anda menjadi guru hanya mentransfer ilmu, akan ada masanya dimana anda tidak di butuhkan lagi, karna google lebih cerdas dan lebih tau banyak hal dari pada anda, Namun jika anda menjadi guru juga mentransfer ADAB, ketaqwaan,dan ke ikhlaskan maka anda akan selalu di butuhkan, karna google tidak punya itu semua". Itulah pesan yang terus saya ingat dari guru besar kami KH.musthofa Kamal.

    Sampai disini dulu ya,mungkin hanya ini cerita yang bisa saya curahkan, kritik dan saran saya terima dengan terbuka
 Wassalamu'alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar